Kategori
Teknologi

Sejarah dan Nilai Markforged

Sejarah dan Nilai Markforged – Markforged adalah perusahaan manufaktur aditif swasta yang merancang, mengembangkan, dan memproduksi The Digital Forge platform industri printer, perangkat lunak, dan bahan 3D printer yang memungkinkan produsen untuk mencetak suku cadang saat dibutuhkan. Perusahaan ini berkantor pusat di Watertown, Massachusetts di Greater Boston Area.

Markforged didirikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Gregory Mark dan Chief Technology Officer (CTO) David Benhaim pada tahun 2013. Markforged memproduksi printer 3D pertama yang mampu mencetak penguatan serat karbon berkelanjutan dan tembaga murni menggunakan arsitektur cloud. Adapun sejarah dan Nilai Markforged.

Perusahaan ini memulai debutnya sebagai start-up di “SolidWorks World 2014” di San Francisco dengan prototipe yang berfungsi dari printer “Mark One”, yang mampu mencetak dalam serat karbon berkelanjutan (yang pertama melakukannya), fiberglass, nilon dan asam polylactic (PLA). Mesin produksi juga dapat mencetak Kevlar.

Pada Consumer Electronics Show 2015, Markforged meluncurkan perangkat lunak pencetakan 3D berbasis cloud Eiger, yang memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah untuk tim melalui proses alur kerja berbasis cloud. Pada Consumer Electronics Show 2017, Markforged meluncurkan Metal X, yang merupakan printer 3D yang mampu mencetak komponen logam 3D dengan biaya rendah, di bawah 1,4 M.

Printer 3D Markforged

printer 3d markforged

Proses ini disebut sebagai teknologi ADAM (Atomic Diffusion Additive Manufacturing) dan memiliki inspeksi laser dalam proses untuk akurasi dimensinya. Printer 3D logam yang ada pada saat itu harganya antara 7 M dan 14 M. Pada Maret 2018, Markforged digugat oleh produsen printer 3D saingannya, Desktop Metal, yang mengklaim pencurian kekayaan intelektual dan pelanggaran paten sehubungan dengan metode yang dipatenkan oleh printer Metal yang melibatkan.

Temuan yang mendukung Markforged diberikan dalam kasus pelanggaran paten pada Juli 2018. Markforged menawarkan platform manufaktur aditif yang disebut The Digital Forge. Platform ini menggabungkan produk perusahaan, termasuk printer 3D, perangkat lunak, dan material, dengan teknologi AI. Semua produk dikembangkan dan diproduksi di negara bagian asal perusahaan di Massachusetts.

Untuk menyederhanakan pengembangan sistemnya dan memastikan kualitas bagi pengguna akhir, Markforged mengelola tumpukan pengembangan pencetakan 3D secara internal. Penjualan komersial dilakukan melalui saluran tidak langsung dari pengecer dan mitra Nilai Tambah di seluruh dunia.

Sistem Metal X memproduksi komponen logam menggunakan proses Atomic Diffusion Additive Manufacturing yang merupakan kombinasi dari pembuatan aditif berdasarkan ekstrusi material dan pencetakan injeksi logam. “Bagian hijau” yang terdiri dari bubuk logam dan pengikat polimer dicetak dengan printer Metal X.

Bagaimana sejarah tentang Markforged?

Selanjutnya, pelarut digunakan untuk menghilangkan sebagian pengikat dari bagian cetakan, menyisakan bagian “coklat”. Akhirnya, setelah pemotongan panas dan sintering termal, bagian logam dengan jaring dekat diproduksi. Sistem, diumumkan pada tahun 2017 dan diluncurkan pada tahun 2018, terdiri dari printer Metal X, stasiun debinding Wash-1 dan tungku Sinter-1.

Printer Metal X memiliki volume build 300mm x 220mm x 180mm. Bahan yang tersedia pada sistem Metal X termasuk baja tahan karat 17-4PH, baja perkakas (H13, A2, D2), Inconel 625, dan tembaga murni. Pada tahun 2019, Markforged merilis Sinter-2, tungku yang lebih besar dengan beban kerja sintering empat kali lipat dari Sinter-1.

Pada Juli 2013, Markforged mengumpulkan 15,4M dalam pendanaan awal dari North Bridge Venture Partners dan Matrix Partners, dan pada Mei 2014, perusahaan mengumpulkan 119 M dalam pendanaan seri A. Pada 2017, Markforged mendapatkan investasi dari Microsoft Ventures, Porsche SE, Tinity Ventures, dan Siemens mendukung Next 47 seharga 798 M.

Pada tahun 2017, perusahaan modal ventura Matrix Partners, Trinity Ventures dan Northbridge Venture Partners juga telah menyumbangkan dana. Pada Maret 2019, Markforged memperoleh pendanaan sebesar 1,9152 Triliun sejak didirikan setelah mengumpulkan 1.148 Triliun dalam pendanaan seri D yang dipimpin oleh Summit Partners. Demikian ulasan tentang sejarah dan nilai Markforged semoga dapat bermanfaat.